Selasa, 19 Maret 2013

Mengatasi Karakter Pemarah Untuk Siswa

Karakter bisa digambarkan sebagai sifat manusia pada umumnya dimana manusia mempunyai banyak sifat yang tergantung dari faktor kehidupannya sendiri.Karakter seperti:
  1. Pemarah
  2. Sabar
  3. Ceria
  4. Pemaaf
  5. Tidak percaya diri
  6. Bijaksana
  7. Dan lain-lain
Setiap manusia pasti mempunyai karakter yang berbeda. Manusia sebagai makhluk individu-sosialis mempunyai karakter sosial yang kuat berbeda dengan makhluk-makhluk hidup lainnya.Karakter Bisa disebut juga (Karakteristik), ataupun dalam bahasa inggris (charateristic).Untuk menunjukan ekstitensi dirinya manusia pasti mempunyai ciri khas karakter sendiri-sendiri.
Disinilah hubugannya dengan profesi seorang guru, guru diwajibkan mengenali karakter peserta didiknya dengan mendata dan mengklasifikasikan dengan suatu diagram, agar dalam menyampaikan suatu pembelajaran bisa diterima oleh semua karakter yang terdapat dalam kelas tersebut
Mendata maksudnya mencatat ada berapa siswa yang berkarakter pemarah, ada berapa yang berkarakter penyabar dan ada berapa yang berkarakter ceria, dan seterusnya sejumlah ada berapa karakter dalam satu kelas itu.
Mengklasifikasikan maksudnya mengumpulkan tingkatan suatu karakter, yang berkarakter pemarah tingkat tinggi, sedang dan rendah. Pemarah tinggi, apabila siswa itu marahnya dia pendam dan pendendam maka tergolong pemarah berat, apabila siswa itu marahnya dia tampakkan dengan wajah berkerut dan berdiam diri tergolong pemarah sedang, apabila siswa itu marahnya langsung dengan kata-kata tanpa wajah berkerut dan langsung protes itu tergolong pemarah ringan.
Pemarah berat, sedang dan ringan digolongkan berdasarkan berat ringannya dalam meredam amarah tersebut.
Cara mengatasinya, Pemarah berat harus dihadapi dengan kesabaran dan pelan-pelan, Pemarah sedang di tangani dengan kesabaran dan canda gurau, Pemarah ringan di redakan seketika itu juga dengan ketegasan dan fakta nyata yang disebut kebenaran .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar